Aqiqah setelah Dewasa, Wajibkah Dilaksanakan?

Ketika orang tua tidak mampu melaksanakan aqiqah setelah Anda lahir, masihkah Anda perlu menjalankan aqiqah untuk diri sendiri? Inilah penjelasannya!

Tidak semua orang terlahir dalam keluarga dengan privilege berupa harta yang melimpah. Sebagian dari mereka, harus berjuang keras untuk memenuhi kebutuhan harian atau sekadar urusan makan. Sehingga, perkara menyembelih satu-dua ekor kambing untuk aqiqah menjadi suatu kesulitan untuk dilaksanakan.

Lantas, perihal ini menimbulkan pertanyaan.

  • Apabila anak-anak tersebut telah beranjak dewasa dan memiliki harta yang cukup, masih perlukah aqiqah dilaksanakan?
  • Manakah yang perlu didahulukan, aqiqah atau qurban?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, kita perlu mengingat bahwa hukum aqiqah yang paling maksimal, yaitu sunnah muakkad. Aqiqah tidak mencapai tingkat wajib, kecuali dijadikan sebagai nadzar. Selain itu, pada syariatnya aqiqah dilaksanakan oleh orang tua bayi dan tidak menjadi tanggung jawab pada diri bayi tersebut.

Hanya saja, apabila kita ingin merujuk pada pendapat Imam Asy-Syafi’i, beliau menyatakan bahwa aqiqah tidak mengenal expired date. Sepanjang hayat, aqiqah akan selalu sah jika ingin dilaksanakan. Ibnul Qayyim dalam bukunya, Tuhfatul Maudud juga menyebutkan berbagai faedah aqiqah, termasuk di antaranya untuk melawan khufarat jahiliyah, sekaligus membebaskan bayi dari hambatan, dalam memberi dan mendapat syafaat dari kedua orang tunya.

Atas landasan tersebut, Anda pun bisa memutuskan, apakah perlu segera melangsungkan aqiqah atau tidak. Yang terpenting, dalam pelaksanaannya, Anda harus memastikan bahwa tujuan, manfaat, dan makna aqiqah bisa terpenuhi. Terutama, lima poin yang tercantum dalam artikel tentang hikmah aqiqah.

Ada baiknya, jadikan aqiqah tersebut bernilai sebagai sedekah kepada orang-orang yang membutuhkan makanan. Berikan pada fakir miskin, korban bencana, atau anak yatim. Jangan sampai, ada makanan yang bernilai tidak baik, karena hanya diberikan pada orang-orang kaya, dan lupa mengundang mereka yang tengah kelaparan.

Dengan begini, telah terjawab untuk persoalan wajib atau tidak aqiqah setelah dewasa. Wallahu a’lam bishshawab.

Sementara itu, berkaitan dengan perkara mendahulukan aqiqah atau qurban, Anda bisa mempertimbangkan keluasan rezeki yang Anda miliki. Sesuai syariat, aqiqah hanya dilakukan sekali seumur hidup dengan jumlah kambing yang ditentukan, sedangkan qurban bisa Anda lakukan setiap tahun. Anda bisa melakukan aqiqah terlebih dulu, demi ketenangan ibadah qurban Anda.

Namun, apabila Anda melakukan aqiqah bersamaan dengan waktu qurban pun tidak ada masalah. Misalnya, menyembelih 3 kambing, dengan 2 kambing diniatkan sebagai aqiqah, lalu 1 kambing sebagai qurban.

Sekali lagi, wallahu a’lam bishshawab.

Sebagai penutup, untuk mempermudah Anda dalam mengambil kesimpulan, berikut ini poin-poin penting yang perlu Anda cermati:

  • Aqiqah ketika dewasa boleh dilakukan dan tetap sah.
  • Aqiqah ketika dewasa harus dilakukan sesuai tuntunan syariat, yaitu penyembelihan 2 kambing untuk anak laki-laki dan 1 kambing untuk anak perempuan.
  • Apabila orang tua masih hidup, Anda bisa memberikan kambing atau sejumlah uang kepada orang tua Anda untuk pelaksanaan aqiqah.
  • Pastikan tujuan, makna, dan hikmah dari pelaksanaan aqiqah bisa terwujud, di antaranya sebagai suatu pembebasan, momen silaturahim, syukur nikmat, doa yang baik, dan sedekah.
  • Anda bisa mendahulukan aqiqah daripada qurban, karena aqiqah hanya dilakukan sekali seumur hidup dengan jumlah kambing yang ditentukan, sementara qurban bisa dilakukan setiap tahun dengan jumlah sembelihan tidak terbatas.
  • Aqiqah bisa segera Anda lakukan, demi ketenangan ibadah qurban yang Anda niatkan.

Nah, apabila Anda ingin melaksanakan aqiqah atas landasan yang telah dijabarkan, Anda tidak harus mengadakan acara besar-besaran. Karena, Islam menghendaki kemudahan. Dengan beragam paket aqiqah dari Rumah Aqiqah, Anda bisa mendapat kemudahan dalam pelaksanaan, sekaligus mewujudkan nilai sedekah dari aqiqah.

Luruskan niat, dan semoga berkah.